Sabtu, 30 Mei 2009

keluh kesah seorang duda

Sebuah taksi yang kupanggil menghampiri dan siap menghantarkan kami kesebuah tempat di bilangan kota Solo (,kota yang dijuluki "The Spirit of Java",,,) supir taksi seorang laki2 paruh baya yang kulihat dari kaca mobil ,dari kaca ini kulihat air mukanya yang dalam pengamatanku sekilas seperti ada beban berat yang membebani pikirannya.
Beberapa saat kemudian Bapak ini bertanya:
Dari Assalam ya mbak? dia menyebutkan salah satu nama ponpes terkenal di solo.
Saya jawab : oh bukan pak ,,kita dari Gontor Ngawi
Setengah kaget ,bapak menanyai kami kok jauh banget mbak jalan2 nya ke sini?
Oh ada perlu pak...jawabku sekenanya...

Setelah agak lama si bapak memulai percakapan ,yang menurutku itu sebuah curhatah seorang bapak.
Si bapak mengadu :
Wah enaknya ,mbak-mbak ini di pondok terjaga dan aman,saya tuh pusing sama anak gadis saya...saya belikan hape yang menurut saya sudah lumayan ...eh malah minta yang seri N N itu....((tersenyum geli mendengar bapak ini ) udah gitu kerjaannya pacaran mulu,kumpul 2 sama temen genknya yang topiknya itu cuman ngbahas cowok 1,2,3,4,5, dst... sepeda motor dia saya ambil ,lagian kalo mau naik motor ggak mau pake spion dan helm katanya takut rambutnya rusak( tersenyum geli untuk yang kedua kalinya) belum lagi dia itu punya pacar 2 (kami berdua berdecak kagum,,waw gila juga anak itu belum nikah aja udah poliandry ,,hebat..hebat...)
Kami jawab sebagai respon kami atas aduanya...: ibunya kemana pak,kayanya minta perhatian dia pak...maklum anak puber dan masih labil jiwa dan masih mencari2 siapa dia sebenarnya....coba bapak dan ibu ajak bicara dan sharing gitu...
Si bapak malah menepuk jidatnya : Waduh mbak itu dia ,,,saya ini duda dah gak punya istri lagi...
Kami berdua cuman bisa ber OOOOO ria ,menanggapi kemalangan si bapak...kasian dan miris....sembari bertanya dia punya kakak pak?
si bapak menjawab sudah menikah dan hidup tenang dengan suamintya,setelah lulus SMA sudah saya nikahkan biar ringan sedikit penderitaan saya,,,,,
sedikit bercanda kami menyahut ,,,,o ya udah pak yang ini juga dinikahkan aja pak biar aman dan bapak tenang...
sibapak menjawab antusias....o pasti nanti setelah lulus juga langsung saya nikahkan saja....
Kami mengiyakan menyetujui jawaban si bapak meskipun dihati kami ,bergelayut rasa kasian degan sang anak karena umur dia terlalu dini untuk dinikahkan dan di hadapkan dengan fase kehidupan yang baru dan dia belum siap mungkin untuk itu...tapi mungkin ini terbaik untuk dia....
Si bapak berkata lagi : mbak ini enak dipondok,orang tuanya pasti tenang ,,,punya anak yang nurut dan sholehah..(kami mengamini dalam hati)...
Kami jawab : iya pak alhamdulillah....
tak terasa kami sampai ketempat tujuan dan pamit ke bapak sembari memberi kan uang sesuai yan tertera di argo taksi ,,,tak lupa si bapak berpesan supaya kami hati-hati......

sebuah konklusi kudapat dari percakapan singkat dengan si bapak...."bahwasanya kita perlu bersyukur dengan keberadaan kita dipondok ,setidaknya kan orang tua bisa tidur nyenyak di malam hari tanpa harus takut anak nya kelayapan malam 2 dijalan ,orang tua juga tenang anaknya tak terpengaruh kehidupan luar yang semakin hari semakin semrawut saja.




0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda